Saturday, January 26, 2013

BAKSOS BSMI WAMENA DI ASSOLIPELEMA




Kamis, 24/01/13 waktu masih menunjukkan pukul 06.00 WIT, Matahari belum menampakkan wajahnya dari celah-celah pegunungan, namun para relawan Bulan Sabit Merah Indonesia sudah dengan semangat berjalan kaki memikul barang-barang baksos dan obat-obatan ke lokasi kegiatan. Kondisi jalan yang berbatu dan cukup terjal sama sekali tidak menyurutkan semangat relawan untuk melayani masyarakat di perkampungan-perkampungan .


Baksos dan pengobatan kali ini   dilaksanakan di perkampungan Assolipelema, sekilas kalau kita perhatikan rumah penduduk sangat jarang, tapi ternyata ada sekitar 1000 penduduk yang mendiami dan tersebar di pegunungan ini. 

Adapun baksos yang diangkatkan BSMI Wamena berupa pembagian perlengkapan mandi (sabun, sikat gigi,pasta gigi) dan pembagian pakaian layak pakai. Ada 200 paket yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Tim yang diketuai oleh dr.Elfitry Tia Yenti ini diperkuat oleh 4 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi dan 20 an orang relawan non medis serta adek-adek Bulan Sabit Merah Remaja Wamena (BSMR). Selain untuk melayani masyarakat dengan baksos dan pengobatan gratis ini juga kita melatih jiwa sosial para remaja agar mengasah kepedulian terhadap sesama, khususnya masyarakat kurang mampu. 

Penyakit yang banyak kita temukan adalah infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan penyakit kulit, indikasi bahwa pengetahuan masyarakat akan pola hidup bersih dan sehat masih kurang, makanya pada saat pemeriksaan tim medis memberikan juga pengetahuan kepada masyarakat tentunya masing-masing dokter dibantu oleh seorang penerjemah bahasa masyarakat setempat karena banyak masyarakat yang belum bisa berbahasa Indonesia. Pasien yang datang berobat juga kebanyakan adalah anak-anak dan ibu-ibu serta lansia. Meski banyak yang memiliki jarak yang jauh dari lokasi kegiatan akan tetapi antusias masyarakat tidak surut untuk berobat.

Relawan juga disambut oleh kepala suku dan masyarakat dengan sangat ramah, masyarakat berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dirutinkan oleh BSMI Cabang Wamena untuk melayani masyarakat di Pegunungan Tengah Papua. 

Kegiatan yang kita mulai sekitar pukul 07.30 WIT ini akhirnya selesai pada pukul 13.00 WIT, ada 169 pasien yang terlayani dan 200 paket lebih perlengkapan mandi yang kita bagikan. Kita berharap semoga kehadiran BSMI di Tanah Mutiara Hitam ini bisa memberikan kontribusi da manfaat untuk masyarakat. Salam kemanusiaan !.
 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | Macys Printable Coupons